3M Alasan Kenapa Harus Punya Blog

    

Alasan Ngeblog

    Baru-baru ini saya membangun lagi satu rumah virtual yang beralamat di www.akubisa.my.id. Meski sudah lama juga saya mengenal blog, bahkan sering mengelola lebih dari satu, duluuu tapi. Tetapi baru sepekan ini saya berpikir tentang alasan kenapa harus punya blog. Ternyata, memiliki sebuah alasan tertentu disinyalir mampu menjadikan seseorang akan rajin menjaga blognya. Artinya kekuatan itulah yang kemudian menggerakkannya untuk terus aktif dengan blog yang sudah ia bangun.

    Sebelum saya menyebutkan beberapa alasan yang bisa menjadi sebuah amunisi seorang bloger. Mari menyamakan persepsi dulu, bahwa alasan ini lah yang kemudian kita sebut sebagai BIG WHY.  Seseorang yang telah menemukan alasan terkuatnya untuk melakukan sesuatu, insyaallah akan menjadi sebuah kekuatan untuk bisa rutin melakukannya.

    Nah, mari sekarang kita simak bersama, apa saja sih alasan kenapa harus punya blog. Menurut Penenun Kata ada 3M alasan kenapa seseorang harus punya blog, diantaranya adalah sebagai berikut:

Menyimpan Ingatan

    Kegiatan ngeblog tak lepas dari membuat tulisan, artinya seorang bloger yang membagikan apapun di rumah virtual bernama website, sudah tentu mereka menulis. Sementara, kita semua tahu bahwa menulis merupakan obatnya lupa, yang kalau saya boleh sebut merupakan alat untuk menyimpan ingatan.
    Ide adalah suatu abstrak yang mudah sekali lenyap. Belum sempat memperjelasnya apalagi mendapatkan ketegasan sebab sedang melakukan sesuatu, ia justru telah meninggalkan kita di belakang bersama upaya untuk mengingat. Begitulah sifat ide yang kerap membuat seseorang kelimpungan sebab tak mengerti mau menuangkan apa ke dalam media, apapun. Sebab yang butuh ide enggak cuma penulis, kan? 😁 
    Oleh karena itu ngeblog bisa membantu kita untuk menyimpan ingatan tersebut. Mengikat makna sekaligus menyimpannya. Meski mungkin tak semua hal bisa kita bagikan di blog sebab ia bersifat publik dan dapat dilihat sebanyak orang (dengan upaya tertentu, hal itu mungkin saja terjadi). Tetapi, blog bisa menjadi salah satu pilihan kalau kemudian alasan berikutnya berhubungan dengan yang berikut ini:

Menebar Kemanfaatan

   Yups. Ngeblog itu bisa juga berguna untuk menebar kemanfaatan, meskipun mungkin juga butuh effort besar untuk bisa maksimal mencapainya. Tapi tunggu dulu, lanjutkan sampai akhir, ya?
   Sekalipun kita sebenarnya bisa saja melakukan 3M pertama tadi dengan menuliskannya di buku, seperti diary mungkin. Atau peralatan digital serupa. Akan tetapi, jika sesuatu itu memang layak untuk dipublikasikan namun disimpan sendiri, kan hasilnya adalah manfaat itu akan berhenti di kamu.
    Kita seringkali menemukan alasan mengapa seseorang membagikan sebuah tulisan, atau mengapa kemudian seseorang berbagi kepada orang lain, baik secara lisan maupun tulisan. Yaitu supaya orang yang mendengar atau membacanya tak mengalami hal yang sama, mungkin. Atau supaya orang lain tak perlu harus melakukan kesalahan yang sama mungkin, dan alasan serupa lainnya. Maka, dengan kita punya blog, ada peluang besar bagi kita untuk bisa menebar kemanfaatan tersebut.
    Dan yang lebih mengesankan lagi adalah kita juga membantu bumi untuk mengurangi penggunaan kertas. Kalau misalnya kita mau banding dengan diary yang ditulisa dengan tangan, misalnya. Atau buku cetak. Pun memang, hal tersebut juga sama baiknya. Nah, udah double manfaat buat yang nulis, apalagi kalau ditambah dengan alasan yang terakhir ini.

Menghasilkan Cuan

    3M yang terakhir adalah menghasilkan cuan. Kemarin lusa aku mendengar mentorku dalam dunia bloger mengatakan bahwa ngeblog itu enggak cuma bikin tulisan lalu membagikannya. More than that, bahkan mungkin enggak semua dari kita kebayang kalau ngeblog itu bisa menghasilkan uang. Tetapi faktanya, lagi-lagi memang usaha tak mengkhianati hasil-biiznillah, dengan upaya maksimal seorang bloger, ia bisa meraih mimpi dengan "hanya" ngeblog.
    Yeay, memang sih, ini bukan alasan banyak orang. Tapi perlu kita tahu bahwa cuan di sini bukan hanya ketika kita memasang iklan di blog. Tetapi tentu ada langkah lain yang bisa kita lakukan untuk sampai padanya. Misalnya saja dengan menjaga kualitas konten, kemudian kita bisa ikut lomba, atau katakan ada pihak yang tertarik menjalin kerjasama dengan kita melalui rumah virtual yang sudah kita bangun ini. So, ada banyak jalan menuju Roma, kan?
    Berbagi itu tak menunggu sudah memiliki, bahkan dengan segala keterbatasan yang kita miliki sebagai manusia, kita tetap bisa saling memberi dan berbagi. Pastikan saja apa yang kita bagikan adalah sesuatu yang bermanfaat dan minim mudarat bahkan sebisa mungkin yang bersih dari hal yang merugikan.

    Itu tadi 3M alasan kenapa harus punya blog versi Penenun Kata. Tulisan ini bukan sebuah pendapat ahli ya, Sahabat. Penenun Kata hanya menyarikan dari apa yang selama ini dialami, dilihat dan juga didapat dari proses membenahi diri. Semoga tulisan sederhana ini bisa diambil manfaat dan pelajarannya. Bagi yang belum nemu alasan mengapa harus ngeblog, yuk ah segera temukan. Agar ide brilian serta anugerah terindah dari Allah berupa rezeki ilmu itu dapat tersebar semakin luas kemanfaatannya.

Salam,
PenenunKata

Kediri, 3 Maret 2021

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter