Bukan Hanya

Manusia itu tercipta tak hanya ditakdirkan sebagai makhluk individual. Sudah kodratnya mereka menjadi makhluk sosial. Di mana dalam kehidupan sehari-hari mereka pasti butuh keberadaan orang lain. Entah itu untuk membantu mengerjakan satu hal atau mendengar apa yang kita sampaikan.

Karena setiap manusia itu memiliki kebutuhan yang berbeda satu sama lain. Dan setiap kebutuhan harus memiliki ruang berbeda untuk mengaktualisasikannya. Supaya tetap terjaga kestabilan diri, emosi dan raganya.

Maka, hal yang perlu kita perhatikan adalah tutur dan sikap kepada sesama. Meskipun kita tidak memiliki konformitas tinggi, tetapi paham hak masing-masing. Hal itu, sudah cukup membantu kita stabil dalam tatanan sosial. Sebab mereka yang sudah selesai dengan dirinya lah yang akan bisa tuntas membantu orang lain. So, bukan hanya tentang dirimu tetapi juga tentang kehidupan di sekitarmu.

Perwujudan diri dalam dunia sosial memang seringkali dipengaruhi oleh trait. Pembawaan ini yang kemudian menciptakan beragam jenis interaksi. Jika tidak bisa memahami posisi dan situasi, gesekan akan menimbulkan konflik pada sebuah organisasi kehidupan.

Kata mereka, kalau semua paham, maka tak kan ada pertikaian. Malah bisa jadi, kita tidak akan pernah belajar. Jadi, keberagaman itu merupakan sebuah tantangan yang menghidupkan. Jika kita mau memahami secara lebih luas makna konflik yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

So, mari belajar memahami diri sendiri. Pahami diri dulu sebelum dengan mudah menjentikkan telunjuk. Dan jika kita mau melihat lebih detail, mari perhatikan. Jika telunjuk kita menuju orang lain, tiga jari lainnya menunjuk ke mana?

Wallahu a'lam

Kdr, 2 Desember 2019

Related Posts

There is no other posts in this category.

1 komentar

  1. Masyaa Allah, satu jari versus tiga jari... Hmm terima kasih atas remaindernya Mbaaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, dan berkenan membaca artikel ini hingga selesai. Silakan berjejak untuk menjalin silaturahmi di dunia maya.

Salam,
-arhana-

Subscribe Our Newsletter