Follow Me @arhana.handiana

@arhana.handiana

Minggu, 27 Oktober 2019

Ide Menulis

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Every day about writing. Eum, bukan tidak ada topik lain selain menulis sih. Hanya saja, aku memang masih dalam mode stuck. Satu-satunya hal yang bisa dengan leluasa memancing opini atau apapun yang kupikirkan adalah menulis. Jadi, jangan pada heran kalau setiap hari yang kubicarakan hanya seputar itu-itu saja.

Eum, memang rencananya nanti niche blog atau tema rumah virtual ini tentang menulis. All about pokoknya mah. Tapi, tidak menutup kemungkinan, aku akan membuat hal-hal lain di beberapa lembar halamannya. Ya, bisa jadi nanti akan kupisah di beberapa ruang begitu. Ibarat rumah, semua bercat ungu. Kemudian ia akan terdiri dari beberapa ruang. Ada ruang tamu, ruang baca, ruang keluarga, ruang makan, dan kamar tidur. Anggap saja begitu ya. Di masing-masing ruang ini akan ada beragam topik yang berkaitan.

Ah, terlalu jauh sepertinya. Aku membuat diriku bertahan dalam tantangan ini saja, rasanya kembang kempis. Masa iya, sudah sejauh ini mau up gitu aja. Enggak menghargai banget itu namanya. Menghargai siapa? Diri sendiri dong. Meskipun acak begini, tulisan-tulisan yang hadir juga butuh effort lho. Kalau enggak, paling sebaris saja selesai. 😩

Ok, tadi aku mau bicara apa ya? Soal ide menulis, bukan?

Hehem, apa yang kalian baca dari awal hingga paragraf ini, sebenarnya upaya untuk menemukan ide menulis. Dan beberapa hari aku menemukan ide dari berbagai macam cara. Diantaranya, mengintip bank ide, membaca kembali tulisan lama bahkan catatan harian, membaca buku, dan membaca tulisan teman. (Tambah lagi yang lain sesuai versi kalian, ini ala aku dan beberapa hariku).

Jadi, benar. Tulisan yang pernah kita buat sebelumnya masih bisa kita kembangkan, atau revisi di beberapa part, sehingga lahir versi terbaru. Bukan hanya itu, mungkin malah ya bisa jadi buku.

Oleh karenanya, kalau satu cara tidak berhasil memantik kekuatanmu untuk beradu argumen dengan dirimu sendiri. Bukan berarti seluruh cara juga tidak akan berhasil. Untuk menjadi expert, seorang atlet harus berlatih dengan keras dan setiap hari. Nah, sama halnya dengan penulis.

Bagaimana? Apakah sudah siap untuk bisa rutin menulis setiap hari? Yuk sama-sama berjuang ....

Semangat Menulis!

Salam Literasi.
Kediri, 27 Oktober 2019

2 komentar:

  1. oke Fix. hampir kesemua tulisan ini mewakili apa yang pernah aku rasakan. bedanya kataarhana lebih apik membungkus cerita dengan mode stuck sekalipun. tetap nikmat dijadikan hidangan. hehe

    Lagi, aku belajar banyak dari blog ini. mantap Kak

    "Untuk menjadi expert, seorang atlet harus berlatih dengan keras dan setiap hari. Nah, sama halnya dengan penulis." Arhana 2019

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Kak Ibra... Hehe... Masih dalam mode tidak mengerti. Tapi harus tetap berjalan.

      Hapus